Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Standar Pengelolaan Pembelajaran

"Menjadi Institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas dan keterampilan dalam mewujudkan SDM maju"

01

Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.

02

Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

03

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

04

Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.

05

Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.

Tujuan

a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.

b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.

c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional. 

Sasaran

a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.

b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.

c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global 

Nilai

a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional. 

PPEPP

Rasionale Standar Pengelolaan Pembelajaran

Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian

Pihak yang Bertanggung-jawab untuk Mencapai Standar Pengelolaan Pembelajaran

1. Perumusan

Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

2. Penetapan  

Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

3. Pelaksanaan

Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa.

4. Evaluasi 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

5. Pengendalian 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

6. Peningkatan 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Standar Pengelolaan Pembelajaran

Indikator Capaian Standar Pengelolaan Pembelajaran

01

Pengelolaan pembelajaran pada setiap program studi dilaksanakan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, serta standar sarana dan prasarana pembelajaran.

  • Setiap program studi memiliki Kurikulum Operasional serta RPS untuk setiap mata kuliah.
  • Pembelajaran pada setiap program studi diselenggarakan sesuai dengan standar isi, standar proses, standar penilaian yang telah ditetapkan dalam rangka mencapai capaian pembelajaran Lulusan.
  • Setiap jurusan melakukan kegiatan sistemik yang menciptakan suasana akademik dan budaya mutu yang baik.
  • Setiap jurusan melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi secara periodik dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu proses pembelajaran.
  • Setiap jurusan melaporkan hasil program pembelajaran pada setiap program studi yang dikelolanya secara periodik sebagai sumber data dan informasi dalam pengambilan keputusan perbaikan dan pengembangan mutu pembelajaran.

02

Pengelolaan pembelajaran pada tingkat Perguruan Tinggi mendorong terselenggaranya pembelajaran yang terencana dan efektif pada setiap program studi di Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

  • Terdapat kebijakan, rencana strategis, dan operasional terkait dengan pembelajaran yang dapat diakses oleh sivitas akademika dan pemangku kepentingan, serta dapat dijadikan pedoman bagi program studi dalam melaksanakan program pembelajaran.
  • Terselenggaranya pembelajaran sesuai dengan jenis dan program pendidikan yang selaras dengan capaian pembelajaran Lulusan.
  • Terdapat upaya sistematis dan terencana untuk menjaga dan meningkatkan mutu pengelolaan program studi dalam melaksanakan program pembelajaran secara berkelanjutan dengan sasaran yang sesuai dengan visi dan misi Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
  • Terdapat proses pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan program studi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  • Terdapat panduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengawasan, penjaminan mutu, dan pengembangan kegiatan pembelajaran dan dosen.
  • Disampaikannya laporan kinerja program studi dalam menyelenggarakan program pembelajaran paling sedikit melalui pangkalan data pendidikan tinggi.
  • Semua laporan kinerja diarsip di SYNO NHI 186.

Manual Standar Pengelolaan Pembelajaran

01. Manual Penetapan Standar Pengelolaan Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penetapan Standar Pengelolaan Pembelajaran

02. Manual Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Panduan Penanganan Masalah PrmPANDUAN-PPNHIB-MBW-11b
Penelusuran Minat & Kualifikasi Calon Mahasiswa PknPANDUAN-PPNHIB- MBW-16a
Kriteria Pemilihan Lokus (Existing & Potential)PANDUAN-PPNHIB-MBW-16b
Kriteria Penempatan Calon Mahasiswa PknPANDUAN-PPNHIB-MBW-16c
Penyampaian KeluhanPANDUAN-PPNHIB-MBW-16d
Penanganan Masalah Pkn (Bagi Koordinator & Pengampu Mata Kuliah Pkn)PANDUAN-PPNHIB-MBW-16e
Peningkatan Efisiensi Internal Proses PembelajaranSOP-PPNHIB-SDP-09
Kegiatan Modul Teori & PraktikSOP- PPNHIB-MDK -03
Evaluasi PBMSOP- PPNHIB-MDK -05
Peningkatan Efisiensi Internal Proses PembelajaranSOP- PPNHIB-MDK -07
Manual Prosedur Klasifikasi Koleksi Buku PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-2

Pengolahan Koleksi Baru PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-3
Pelestarian Koleksi PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-4
Clearance CardSOP-PPNHIB-PERPUS-5
Manual Prosedur Peminjaman Buku PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-6

Pengembalian Buku SOP-PPNHIB-PERPUS-7
Ruang Baca PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-8
Pengolahan Tugas Akhir MahasiswaSOP-PPNHIB-PERPUS-9
Layanan Foto CopySOP-PPNHIB-PERPUS-10
Protokol Kesehatan Covid 19 Untuk Pelayanan Offline di PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-11

Surat Masuk dan Nota Dinas SOP-PPNHIB-TURT-01
Surat KeluarSOP-PPNHIB-TURT-02

Surat Tugas SOP-PPNHIB-TURT-03
Surat KeputusanSOP-PPNHIB-TURT- 04
PeangrsipanSOP-PPNHIB-TURT-06
Rapat Pimpinan  SOP-PPNHIB-TURT-20
Pelayanan Tamu Direktur Dan Wakil Direktur  SOP-PPNHIB-TURT-22

03. Manual Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pembelajaran

04. Manual Pengendalian Standar Pengelolaan Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pengendalian Standar Pengelolaan Pembelajaran

05. Manual Peningkatan Standar Pengelolaan Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Standar Pengelolaan Pembelajaran

Dokumen Terkait dan Referensi

01. Daftar Prosedur

No.Nama Prosedur Kode Prosedur 
1.Peningkatan Efisiensi Internal Proses PembelajaranSOP-PPNHIB-SDP-09
2.Kegiatan Modul Teori & PraktikSOP- PPNHIB-MDK -03
3.Evaluasi PBMSOP- PPNHIB-MDK -05
4.Peningkatan Efisiensi Internal Proses PembelajaranSOP- PPNHIB-MDK -07
5.Manual Prosedur Klasifikasi Koleksi Buku PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-2
6.Pengolahan Koleksi Baru PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-3
7.Pelestarian Koleksi PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-4
8.Clearance CardSOP-PPNHIB-PERPUS-5
9.Manual Prosedur Peminjaman Buku PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-6
10.Pengembalian Buku SOP-PPNHIB-PERPUS-7
11.Ruang Baca PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-8
12.Pengolahan Tugas Akhir MahasiswaSOP-PPNHIB-PERPUS-9
13.Layanan Foto CopySOP-PPNHIB-PERPUS-10
14.Protokol Kesehatan Covid 19 Untuk Pelayanan Offline di PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-11
15.Surat Masuk dan Nota Dinas SOP-PPNHIB-TURT-01
16.Surat KeluarSOP-PPNHIB-TURT-02
17.Surat Tugas SOP-PPNHIB-TURT-03
18.Surat KeputusanSOP-PPNHIB-TURT- 04
19.PeangrsipanSOP-PPNHIB-TURT-06
20.Rapat PimpinanSOP-PPNHIB-TURT-20
21.Pelayanan Tamu Direktur Dan Wakil Direktur  SOP-PPNHIB-TURT-22

02. Daftar Panduan

No.Nama PanduanKode Panduan 
1.Panduan Penanganan Masalah PrmPANDUAN-PPNHIB-MBW-11b
2.Penelusuran Minat & Kualifikasi Calon Mahasiswa PknPANDUAN-PPNHIB- MBW-16a
3.Kriteria Pemilihan Lokus (Existing & Potential)PANDUAN-PPNHIB-MBW-16b
4.Kriteria Penempatan Calon Mahasiswa PknPANDUAN-PPNHIB-MBW-16c
5.Penyampaian KeluhanPANDUAN-PPNHIB-MBW-16d
6.Penanganan Masalah Pkn (Bagi Koordinator & Pengampu Mata Kuliah Pkn)PANDUAN-PPNHIB-MBW-16e

03. Daftar Formulir

No. Nama PanduanKode Panduan 
1.

04. Daftar Template

NoNama TemplateKode Template
1.

"Countinous Quality Improvement"

Address

Jl. Dr. Setiabudhi No, 186
Bandung - 40141
Jawa Barat - Indonesia


Contacts

Email: kspm@poltekpar-nhi.ac.id
Phone: +62 (22) 2011456
Fax: +62 (22) 2012097