Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Standar Isi Pengabdian Kepada Masyarakat

"Menjadi Institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas dan keterampilan dalam mewujudkan SDM maju"

01

Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.

02

Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

03

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

04

Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.

05

Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.

Tujuan

a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.

b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.

c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional. 

Sasaran

a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.

b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.

c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global 

Nilai

a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional. 

PPEPP

Rasionale Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian

Pihak yang Bertanggung-jawab untuk Mencapai Standar Isi Pengabdian Kepada Masyarakat

1. Perumusan

Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

2. Penetapan  

Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

3. Pelaksanaan

Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa.

4. Evaluasi 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

5. Pengendalian 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

6. Peningkatan 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Indikator Capaian Standar Isi Pengabdian Kepada Masyarakat

01

Setiap jurusan/program wajib melakukan program pengabdian kepada masyarakat yang memiliki kedalaman dan keluasan materi yang sudah ditetapkan.

  • Kedalaman dan keluasan materi pengabdian kepada masyarakat mengacu pada standar hasil pengabdian kepada masyarakat.
  • Kedalaman dan keluasan materi pengabdian kepada masyarakat bersumber dari hasil penelitian pelaksana atau berdasarkan pengembangan iptek yang sesuai dengan masyarakat.

02

Setiap jurusan/program mengarahkan penelitian sesuai dengan Rencana Induk Penelitian yang hasilnya dapat diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk model, pemecahan masalah, teknologi tepat guna, rekayasa sosial, rekomendasi kebijakan dan kekayaan intelektual yang sesuai dengan masyarakat, dunia usaha, dan/atau dunia industri.

  • Meningkatnya jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berasal dari hasil penelitian pelaksana sebelumnya.
  • Meningkatnya jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan upaya memberdayakan masyarakat.
  • Meningkatnya jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menerapkan IPTEK untuk mengingkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatnya jumlah kegiatan pengabdian kepda masyarakat dalam memecahkan masalah, rekayasa sosial, dan/atau rekomendasi kebijakan yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, dunia usaha, industri, dan/atau pemerintah.
  • Mengingkatnya jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berasal dari hak kekayaan intelektual (HKI) yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat, dunia usaha dan/atau industri.

03

Jurusan/Program dan Puslitabmas harus memastikan seluruh materi pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa terintegrasi dengan Rencana Induk Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Terdapat proses Pemeriksaan usulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim Reviewer.

Manual Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

01. Manual Penetapan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penetapan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

02. Manual Pelaksanaan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
SOP Penyusunan Pedoman Pengabdian Kepada MasyarakatSOP-PPNHIB-LITABMAS-6
Program Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian MasyarakatSOP-PPNHIB-SDP-08

03. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

04. Manual Pengendalian Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pengendalian Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

05. Manual Peningkatan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Standar Isi Pengabdian kepada Masyarakat

Dokumen Terkait dan Referensi

01. Daftar Prosedur

No.Nama Prosedur Kode Prosedur 
1.SOP Penyusunan Pedoman Pengabdian Kepada MasyarakatSOP-PPNHIB-LITABMAS-6
1.Program Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian MasyarakatSOP-PPNHIB-SDP-08

02. Daftar Panduan

No.Nama PanduanKode Panduan 
1.

03. Daftar Formulir

No. Nama PanduanKode Panduan 
1.

04. Daftar Template

NoNama TemplateKode Template
1.

"Countinous Quality Improvement"

Address

Jl. Dr. Setiabudhi No, 186
Bandung - 40141
Jawa Barat - Indonesia


Contacts

Email: kspm@poltekpar-nhi.ac.id
Phone: +62 (22) 2011456
Fax: +62 (22) 2012097