Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Standar Proses Pembelajaran

"Menjadi Institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas dan keterampilan dalam mewujudkan SDM maju"

01

Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.

02

Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

03

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

04

Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.

05

Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.

Tujuan

a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.

b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.

c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional. 

Sasaran

a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.

b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.

c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global 

Nilai

a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional. 

PPEPP

Rasionale Standar Proses Pembelajaran

Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian

Pihak yang Bertanggung-jawab untuk Mencapai Standar Proses Pembelajaran 

1. Perumusan

Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung

2. Penetapan  

Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung

3. Pelaksanaan

Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa

4. Evaluasi 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung

5. Pengendalian 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung

6. Peningkatan 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung

Standar Proses Pembelajaran

Indikator Capaian Standar Proses Pembelajaran

01

Setiap Program Studi wajib memiliki proses pembelajaran dengan karakteristik yang menunjukkan sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, berpusat pada mahasiswa, dan transformatif.

  • Bahan kajian, metode pembelajaran, dan pengalaman belajar mahasiswa yang tercantum pada RPS sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran.

02

Setiap Program Studi wajib merencanakan proses pembelajaran secara sistematis dan terinci.

  • Setiap mata kuliah memiliki RPS yang paling sedikit memuat: 1) nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu; 2) capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah; 3) kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan; 4) bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai; 5) metode pembelajaran; 6) waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran; 7) pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester; 8) kriteria, indikator, dan bobot penilaian; dan 9) daftar referensi yang digunakan.
  • RPS setiap mata kuliah ditinjau paling sedikit 1 (satu) kali dalam setiap tahun akademik.

03

Setiap Program Studi wajib melaksanakan proses pembelajaran secara sistematis, terstruktur, dan efektif.

  • RPS mata kuliah dijelaskan kepada mahasiswa di setiap kelas pada pertemuan pertama setiap semester.
  • Proses pembelajaran dilaksanakan sesuai RPS yang ditetapkan.
  • Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian mahasiswa dilakukan dengan mengacu pada Standar Penelitian Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
  • Proses pembelajaran yang terkait dengan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dilakukan dengan mengacu pada Standar Pengabdian kepada. 

04

Setiap Program Studi wajib melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dalam satuan waktu semester dan tahun akademik.

  • Satu semester diselenggarakan selama paling sedikit 16 (enam belas) pertemuan, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
  • Satu tahun akademik terdiri atas 2 (dua) semester, yaitu Semester Gasal dan Semester Genap.
  • Penguatan mata kuliah bagi mahasiswa di program RPL Tipe A1 selama 10 pertemuan.
  • Pemberian matrikulasi bagi mahasiswa baru program pascasarjana selama 4 minggu.

05

Setiap Program Studi wajib melaksanakan masa dan beban belajar penyelenggaraan program pendidikan sesuai untuk pencapaian kompetensi lulusan.

  • Paling lama 5 (lima) tahun akademik untuk program diploma tiga dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 108 (seratus delapan) sks
  • Paling lama 7 (tujuh) tahun akademik untuk program sarjana dan sarjana terapan, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks
  • Paling lama 4 (empat) tahun akademik untuk program magister dan magister terapan setelah menyelesaikan program sarjana atau program diploma empat/sarjana terapan, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks
  • Paling lama 7 (tujuh) tahun akademik untuk program doktor dan doktor terapan setelah menyelesaikan program magister, program magister terapan, atau program spesialis, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 42 (empat puluh dua) sks

06

Setiap Program Studi wajib memastikan beban belajar mahasiswa setiap semester ditetapkan dengan memperhatikan kapasistas belajar mahasiswa dan pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

  • pada tahun akademik pertama masa studi, beban belajar mahasiswa paling banyak 20 (dua puluh) sks per semester pada Semester Gasal Semester Genap.
  • pada tahun akademik kedua dan seterusnya, beban belajar mahasiswa paling banyak 24 (dua empat) sks per semester pada Semester Gasal Semester Genap

Manual Standar Proses Pembelajaran

01. Manual Penetapan Standar Proses Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penetapan Standar Proses Pembelajaran

02. Manual Pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pembelajaran Teori di Prodi MPP.SOP-ADAK-AAK-05a
Pembelajaran Praktik Internal di Prodi MPP - Praktik Pemanduan Wisata.SOP-PPNHIB-MPP-02a
Pembelajaran Praktik Internal di Prodi MPP - Central Guiding Service.SOP-PPNHIB-MPP-02b
Pembelajaran Praktik Eksternal di Prodi MPP - Expose Interpretasi.SOP-PPNHIB-MPP-03a
Pembelajaran Praktik Eksternal di Prodi MPP - Expose Interpretasi.SOP-PPNHIB-MPP-03b
Ceramah Tamu di Prodi MPP.SOP-PPNHIB-MPP-04
Tour Workshop di Prodi MPP.SOP-PPNHIB-MPP-05
Praktik Kerja Nyata di Prodi MPPPANDUAN-PPNHIB-LABKEP-01

Tata Tertib Lab KepariwisataanSOP-PPNHIB-MTB-16
Penggunaan Ruang Laboratorium KepariwisataanSOP-PPNHIB-LABKEP-04
Perencanaan Kegiatan Industrial Roadshow (Inr)SOP-PPNHIB-MBW-5aPANDUAN-PPNHIB-MBW-5
Pelaksanaan Kegiatan Industrial Roadshow (Inr)SOP-PPNHIB-MBW-5bPANDUAN-PPNHIB-MBW-5

Persiapan Kegiatan Kompetisi MahasiswaSOP-PPNHIB-MBW-6PANDUAN-PPNHIB-MBW-6FORMULIR-PPNHIB- MBW-06
Pelaksanaan Kegiatan Presentasi Proposal Usulan Penelitian Proyek Akhir Mahasiswa MbwSOP-PPNHIB-MBW-7PANDUAN-PPNHIB-MBW-7FORMULIR-PPNHIB- MBW-01

Perencanaan Kegiatan Pembelajaran Teori Prodi MbwSOP-PPNHIB-MBW-8FORMULIR-PPNHIB- MBW-01
Perencanaan Kegiatan Praktik Internal Prodi MbwSOP-PPNHIB-MBW-9
Monitoring & Evaluasi Kegiatan Praktik Magang MingguanSOP-PPNHIB-MBW-11FORMULIR-PPNHIB-KET-01

Pemilihan Lokus Praktik Magang Mingguan MahasiswaPANDUAN-PPNHIB-MBW-11a
Persiapan Kegiatan Guest LectureSOP-PPNHI-MBW-12
Persiapan Kegiatan Guest LecturePANDUAN-PPNHIB-MBW-12
Persiapan Kegiatan Manajemen WorkshopSOP-PPNHIB-MBW-13
Persiapan Kegiatan Manajemen WorkshopPANDUAN-PPNHIB-MBW-13
Pelaksanaan Kegiatan Field TripSOP-PPNHIB-MBW-14FORMULIR-PPNHI-KET-01
FORMULIR-PPNHI-KET-02

Persiapan Kegiatan Field TripPANDUAN-PPNHIB-MBW-14
Perencanaan Kegiatan Field Project Study [Fps]SOP-PPNHIB-MBW-15a
Pelaksanaan Kegiatan Field Project Study [Fps]SOP-PPNHIB-MBW-15b

Pemilihan Lokus Pra Field Project StudyPANDUAN-PPNHIB-MBW-15a

Pemilihan Lokus Field Project StudyPANDUAN-PPNHIB-MBW-15b
Pemilihan Pembimbing Pra-Field Project Study Dan Pra-Field project StudyPANDUAN-PPNHIB-MBW-15c
Perencanaan PknSOP-PPNHIB-MBW-16a
Monitoring & Evaluasi PknSOP-PPNHIB-MBW-16b
Pelaksanaan Evaluasi PbmSOP-PPNHIB-MBW-17
Evaluasi PbmPANDUAN-PPNHIB-MBW-17

Pembelajaran TeoriSOP-PPNHIB-SDP-01
Pembelajaran Teori MBP SOP-PPNHIB-MBP-01
Pembelajaran Praktik Internal dan Eksternal MBPSOP-PPNHIB-MBP-02

Penerbitan Buku Modul Teori dan Praktik Terbaru MBPSOP-PPNHIB-MBP-03

Studi Lapangan MBPSOP-PPNHIB-MBP-04

Ceramah Tamu MBPSOP-PPNHIB-MBP-05
Travel Mart MBPSOP-PPNHIB-MBP-06

Praktik Kerja Nyata MBPSOP-PPNHIB-MBP-07
Penelitian Bisnis Terapan MBPSOP-PPNHIB-MBP-17
Penyelenggaraan Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-01

Pendaftaran Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-02

Perencanaan Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-03
Seleksi Peserta Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-04
Penempatan Peserta PraktikSOP-PPNHIB-ICC-05
Monitoring Evaluasi dan Laporan PraktikSOP-PPNHIB-ICC-06
Pelayanan AlumniSOP-PPNHIB-ICC-07

Layanan Rekrutment Tenaga Kerja Bagi AlumniSOP-PPNHIB-ICC-08

03. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran

04. Manual Pengendalian Standar Proses Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pengendalian Standar Proses Pembelajaran

05. Manual Peningkatan Standar Proses Pembelajaran

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Standar Proses Pembelajaran

Dokumen Terkait dan Referensi

01. Daftar Prosedur

No.Nama Prosedur Kode Prosedur 
1.Pembelajaran Teori di Prodi MPPSOP-ADAK-AAK-05a
2.Pembelajaran Praktik Internal di Prodi MPP - Praktik Pemanduan WisataSOP-PPNHIB-MPP-02a
3.Pembelajaran Praktik Internal di Prodi MPP - Central Guiding ServiceSOP-PPNHIB-MPP-02b
4.Pembelajaran Praktik Eksternal di Prodi MPP - Expose InterpretasiSOP-PPNHIB-MPP-03a
5.Pembelajaran Praktik Eksternal di Prodi MPP - Expose InterpretasiSOP-PPNHIB-MPP-03b
6.Ceramah Tamu di Prodi MPPSOP-PPNHIB-MPP-04
7.Tour Workshop di Prodi MPPSOP-PPNHIB-MPP-05
8.Praktik Kerja Nyata di Prodi MPPSOP-PPNHIB-ICC-01
9.Tata Tertib Lab KepariwisataanPANDUAN-PPNHIB-LABKEP-01
10.Penggunaan Ruang Laboratorium KepariwisataanSOP-PPNHIB-LABKEP-04
11.Perencanaan Kegiatan Industrial Roadshow (Inr)SOP-PPNHIB-MBW-5a
12.Pelaksanaan Kegiatan Industrial Roadshow (Inr)SOP-PPNHIB-MBW-5b
13.Persiapan Kegiatan Kompetisi MahasiswaSOP-PPNHIB-MBW-6
14.Pelaksanaan Kegiatan Presentasi Proposal Usulan Penelitian Proyek Akhir Mahasiswa MbwSOP-PPNHIB-MBW-7
15.Perencanaan Kegiatan Pembelajaran Teori Prodi MbwSOP-PPNHIB-MBW-8
16.Perencanaan Kegiatan Praktik Internal Prodi MbwSOP-PPNHIB-MBW-9
17.Monitoring & Evaluasi Kegiatan Praktik Magang MingguanSOP-PPNHIB-MBW-11
18.Persiapan Kegiatan Guest LectureSOP-PPNHI-MBW-12
19.Persiapan Kegiatan Manajemen WorkshopSOP-PPNHIB-MBW-13
20.Perencanaan Kegiatan Field Project Study [Fps]SOP-PPNHIB-MBW-15a
21.Pelaksanaan Kegiatan Field Project Study [Fps]SOP-PPNHIB-MBW-15b
22.Perencanaan PknSOP-PPNHIB-MBW-16a
23.Monitoring & Evaluasi PknSOP-PPNHIB-MBW-16b
24.Pelaksanaan Evaluasi PbmSOP-PPNHIB-MBW-17
25.Pembelajaran TeoriSOP-PPNHIB-SDP-01
26.Pembelajaran Teori MBP SOP-PPNHIB-MBP-01
27.Pembelajaran Praktik Internal dan Eksternal MBPSOP-PPNHIB-MBP-02
28.Penerbitan Buku Modul Teori dan Praktik Terbaru MBPSOP-PPNHIB-MBP-03
29.Studi Lapangan MBPSOP-PPNHIB-MBP-04
30.Ceramah Tamu MBPSOP-PPNHIB-MBP-05
31.Travel Mart MBPSOP-PPNHIB-MBP-06
32.Praktik Kerja Nyata MBPSOP-PPNHIB-MBP-07
33.Penelitian Bisnis Terapan MBPSOP-PPNHIB-MBP-17
34.Penyelenggaraan Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-01
35.Pendaftaran Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-02
36.Perencanaan Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-03
37.Seleksi Peserta Praktik Kerja NyataSOP-PPNHIB-ICC-04
38.Penempatan Peserta PraktikSOP-PPNHIB-ICC-05
39.Monitoring Evaluasi dan Laporan PraktikSOP-PPNHIB-ICC-06
40.Pelayanan AlumniSOP-PPNHIB-ICC-07
41.Layanan Rekrutment Tenaga Kerja Bagi AlumniSOP-PPNHIB-ICC-08
42.Pelaksanaan Grand RecruitmentSOP-PPNHIB-ICC-09
43.Rekrutmen RutinSOP-PPNHIB-ICC-10
44.Pembekalan Mahasiswa Tingkat Akhir Sebelum Masuk Dunia KerjaSOP-PPNHIB-ICC-11
45.SOP Persiapan Kompetisi MahasiswaSOP-PPNHIB-MDP-06
46.SOP Kegiatan Ceramah Tamu (Guest Lecture)SOP-PPNHIB-MDP-10
47SOP Kegiatan Loka Karya (Management Workshop)SOP-PPNHIB-LSP-02
48.SOP Kegiatan Praktik KonsentrasiSOP-PPNHIB-MDP-12
49.SOP Kegiatan Field TripSOP-PPNHIB-MDP-13
50.SOP Perencanaan PKNSOP-PPNHIB-MDP-16a

02. Daftar Panduan

No.Nama PanduanKode Panduan 
1.Perencanaan Kegiatan Industrial Roadshow (Inr)PANDUAN-PPNHIB-MBW-5
2.Pelaksanaan Kegiatan Industrial Roadshow (Inr)PANDUAN-PPNHIB-MBW-5
3.Persiapan Kegiatan Kompetisi MahasiswaPANDUAN-PPNHIB-MBW-6
4.Pelaksanaan Kegiatan Presentasi Proposal Usulan Penelitian Proyek Akhir Mahasiswa MbwPANDUAN-PPNHIB-MBW-7
5.Pemilihan Lokus Praktik Magang Mingguan MahasiswaPANDUAN-PPNHIB-MBW-11a
6.Persiapan Kegiatan Guest LecturePANDUAN-PPNHIB-MBW-12
7.Persiapan Kegiatan Manajemen WorkshopPANDUAN-PPNHIB-MBW-13
8Persiapan Kegiatan Field TripPANDUAN-PPNHIB-MBW-14
9.Pemilihan Lokus Pra Field Project StudyPANDUAN-PPNHIB-MBW-15a
10.Pemilihan Lokus Field Project StudyPANDUAN-PPNHIB-MBW-15b
11.Pemilihan Pembimbing Pra-Field Project Study Dan Pra-Field project StudyPANDUAN-PPNHIB-MBW-15c
12.Evaluasi PbmPANDUAN-PPNHIB-MBW-17
13.Panduan Kegiatan Kompetesi MahasiswaPANDUAN-PPNHIB-MDP-06-01
14.Panduan PerkuliahanPANDUAN-PPNHIB-MDP-07-01
15.Panduan Kegiatan Ceramah Tamu (Guest Lecture)PANDUAN-PPNHIB-MDP-10-01
16.Panduan Kegiatan Loka Karya (Management Workshop)PANDUAN-PPNHIB-MDP-11-01
17.Panduan Kegiatan Praktik KonsentrasiPANDUAN-PPNHIB-MDP-12-01
18.Panduan Kegiatan Field TripPANDUAN-PPNHIB-MDP-13-01
19.Panduan Pemilihan Lokus (Existing & Potensial)PANDUAN-PPNHIB-MDP-16-01
20.Panduan Kriteria Calon MahasiswaPANDUAN-PPNHIB-MDP-16-02
21.Panduan Penanganan Masalah PKN (Bagi Koordinator & Pengampu Mata Kuliah PKN)PANDUAN-PPNHIB-MDP-16-03
22.Panduan Penelusuran Minat & Kualifikasi Calon Mahasiswa PKNPANDUAN-PPNHIB-MDP-16-04
23.Panduan Penyampaian KeluhanPANDUAN-PPNHIB-MDP-16-05
24.Panduan Kegiatan Evaluasi PBMPANDUAN-PPNHIB-MDP-19-01
25.Pengendalian GroomingPANDUAN-ADAK-TPK-02
26.Pengendalian Syarat UTS/UASPANDUAN-PPNHIB-TPK-03
27.Bimbingan AkademikPANDUAN-PPNHIB-TPK-05
28.Penyelenggaraan EkstrakurikulerPANDUAN-PPNHIB-TPK-10
29.Pembinaan Sikap Dasar dan ProfesiPANDUAN-PPNHIB-TPK-14
30.Pertemuan Orang Tua MahasiswaPANDUAN-PPNHIB-TPK-17
31.Pelaksanaan Prosesi Penandatanganan Nota KesepahamanPANDUAN-PPNHIB-AAK-29c
32.Penerimaan Mahasiswa Jalur BUDPANDUAN-PPNHIB-AAK-30a
33.Penerimaan Mahasiswa Asing Jalur Kerja SamaPANDUAN-PPNHIB-AAK-30b

03. Daftar Formulir

No. Nama PanduanKode Panduan 
1.Persiapan Kegiatan Kompetisi MahasiswaFORMULIR-PPNHIB- MBW-06
2.Pelaksanaan Kegiatan Presentasi Proposal Usulan Penelitian Proyek Akhir Mahasiswa MbwFORMULIR-PPNHIB- MBW-01
3.Perencanaan Kegiatan Pembelajaran Teori Prodi MbwFORMULIR-PPNHIB- MBW-01
4.Monitoring & Evaluasi Kegiatan Praktik Magang MingguanFORMULIR-PPNHIB-KET-01
5.Pelaksanaan Kegiatan Field TripFORMULIR-PPNHI-KET-01
FORMULIR-PPNHI-KET-02
6.SOP Inkubasi Bisnis  • FM-ENC-01-01 Form Registrasi Inkubasi Reguler
• FM-ENC-01-02 Form Registrasi Inkubasi TA/PA
• FM-ENC-01-03 Form Registrasi Tenant Demo Day
• FM-ENC-01-04 Form Kehadiran Inkubasi TA/PA
• FM-ENC-01-05 Form Mentoring Log
• FM-ENC-01-06 Form Penilaian Tenant Demo Day

7.SOP Aktivasi Bisnis • FM-ENC-02-01 Form Konsinyasi Tenant Encore 186
• FM-ENC-02-02 Form Konsinyasi Tenant Titip Jual
• FM-ENC-02-03 Form Kehadiran Akselerasi Bisnis Tenant
• FM-ENC-02-04 Form Penilaian Akselerasi Bisnis Tenant

8.SOP Perkuliahan Teori • FORM-PPNHIB-MPI-01
• FORM -PPNHIB-MPI-02
• FORM -PPNHIB-MPI-03
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02

9SOP Praktik Laboratorium• FORM-PPNHIB-MPI-01
• FORM -PPNHIB-MPI-02
• FORM -PPNHIB-MPI-03
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02
• FORM-PPNHIB-MPI-07
• FORM-PPNHIB-MPI-08
• FORM-PPNHIB-MPI-09
• FORM-PPNHIB-MPI-10

10.SOP Praktik Laboratorium Bakery• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02
11.SOP Praktik Laboratorium Patiseri Fine Dining Room (FDR)• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02
12.SOP Praktik Laboratorium Experiment dan Demo Room• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02
13.SOP Praktik Laboratorium Chocolate dan Pastry Art• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02
14.SOP Praktik Laboratorium Nusantara dan Integrasi Pastry Kitchen Enhaii• FM-PPNHIB-AAK-05.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02
15.SOP Mahasiswa Sakit• FM-TPK-A1-01
• FM-TPK-A1-02
16.SOP Peminjaman Ruang Praktik• FORM-PPNHIB-MPI-17
• FORM-PPNHIB-MPI-18
17.SOP Pembuatan Bahan Ajar• FORM-PPNHIB-MPI-01
• FORM -PPNHIB-MPI-02
• FORM -PPNHIB-MPI-03
18.SOP Pelaksanaan Magang Industri• FORM-PPNHIB-MPI-01
• FORM -PPNHIB-MPI-02
• FORM -PPNHIB-MPI-03
• FORM-PPNHIB-MPI-19
19.Perkuliahan Teori • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSE
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISW
• FM-PPNHIB-AAK-19.a-01. FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

20.Perkuliahan Praktek • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
•  FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA
•  FM-MTB-02-01 Seating List
•  FM-MTB-02-02 Purchase Order

21.Kunjungan Industri • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA

22.Penelitian Lapangan • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA
23.Ceramah Tamu • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSE
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA

24.PCSD • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA

25.Kompetisi • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
• FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA
26.Sertifikasi Kompetensi FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
27.Pop Up FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA
28.Tugas Akhir FM-PPNHIB-AAK-05.a-01. BERITA ACARA DOSEN
29.Himpunan Mahasiswa FM-PPNHIB-AAK-05.a-02. DAFTAR HADIR MAHASISWA
30.Pengendalian Absensi dan Sanksi Mahasiswa FM-PPNHIB-AAK-09.a-01. PERMOHONAN PENELITIAN
31.Pengendalian GroomingFM-PPNHIB-AAK-09.a-02. USULAN PENELITIAN TUGAS AKHIR
32.Pengendalian Syarat UTS/UASFM-PPNHIB-AAK-09.a-03. CLEARENS CARD SIDANG
33.Bimbingan AkademikFM-PPNHIB-AAK-09.a-04. PENGESAHAN JUDUL
34.Penyelenggaraan EkstrakurikulerFM-MTB-14-1 Laporan Keuangan HIMA MTB
35.Pengendalian Absensi Mengajar DosenFM-TPK-A1-01 
36.Pembinaan Sikap Dasar dan ProfesiFM-TPK-A1-02
37.Latihan Dasar Kepemimpinan MahasiswaFM-TPK-A1-03
38.Latihan Kepemimpinan Manajemen MahasiswaFM-TPK-A1-04
39.Pertemuan Orang Tua MahasiswaFM-TPK-A1-05
40.SOP Merencanakan Dan Mengorganisasikan AsesmenFM-TPK-A2-01
41.Pelaksanaan Perkuliahan Teori FM-PPNHIB-AAK-07.a-01
42.Usulan Penelitian Tugas Akhir/PA/Skripsi/TesisFM-PPNHIB-AAK-07.b-01
FM-PPNHIB-AAK-07.b-02
FM-PPNHIB-AAK-07.b-03
FM-PPNHIB-AAK-07.b-04
43.Persyaratan Pembimbing, Penguji dan Pimpinan SidangFM-PPNHIB-AAK-09.a-01
FM-PPNHIB-AAK-09.a-02
FM-PPNHIB-AAK-09.a-03
FM-PPNHIB-AAK-09.a-04
44.Persyaratan Ujian SidangFM-PPNHIB-AAK-07.a-01
45.Perbaikan Hasil Ujian SidangFM-PPNHIB-AAK-09.j-01
46.Penyusunan Rencana Pembelajaran SemesterFM-PPNHIB-AAK-19.a-01

04. Daftar Template

NoNama TemplateKode Template
1.

"Countinous Quality Improvement"

Address

Jl. Dr. Setiabudhi No, 186
Bandung - 40141
Jawa Barat - Indonesia


Contacts

Email: kspm@poltekpar-nhi.ac.id
Phone: +62 (22) 2011456
Fax: +62 (22) 2012097